Pelantikan, Pengambilan Sumpah, dan Pelepasan Angkatan X

Pelantikan-2

Sabtu itu menjadi Sabtu terakhir di bulan Mei, tatapan dan sorotan mata kebahagiaan menghiasi wajah indah para lulusan, dengan balutan kain merah dan kerudung putih menjadi hiasan terakhir mereka merajut asa dengan sekolah. Batik biru, mengiringi rombongan di hari Sabtu itu, mereka yang berbaju biru terlihat sibuk dengan tangan-tangan dan gerakan badan yang berseliweran, tapi wajah dan tatap mereka penuh dengan harapan besar, kelak suatu saat mereka akan terkejut dengan kesuksesan lulusan.

Grand Pasundan Convention Hotel, Gedung itu akan menjadi saksi bisu dimana mulailah mereka, para lulusan memimpikan pijakannya yang seakan akan nyata. Gedung itu dikelilingi bangunan lain, asap kendaraan menjadi polusi utama di sekitaran itu, tapi harapan dan cita-cita mereka mampu menetralisir segalanya. Disana berkata mereka dalam sumpahnya:

Saya Bersumpah/ berjanji,

  1. Bahwa saya, akan melaksanakan tugas saya sebaik-baiknya menurut undang-undang yang berlaku dengan penuh tanggung jawab dan kesungguhan.
  2. Bahwa saya, dalam melaksanakan tugas atas dasar kemanusiaaan tidak akan membeda-bedakan, pangkat, kedudukan, keturunan, golongan, bangsa dan agama.
  3. Bahwa saya, dalam melaksanakan tugas akan membina kerjasama, keutuhan dan kesetiakawanan dengan teman sejawat.
  4. Bahwa saya, tidak akan menceritakan kepada siapapun atas segala rahasia yang berhubungan dengan tugas saya, kecuali jika diminta pengadilan untuk keperluan kesaksian.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa, memberikan kekuatan kepada saya.

Oleh: Ahmad Dimyati, S.S. | Wakasek Kesiswaan

Kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Lulusan Angkatan X SMK BHS dilaksanakan di Grand Pasundan Convention Hotel Bandung. Kegiatan tesebut melibatkan 5 Sekolah yaitu:

  1. SMK BHS – Sumedang
  2. SMK Bhakti Sejahtera Jatinangor
  3. SMK Kesfam Batujajar
  4. SMK Mitra Darma Cililin
  5. SMK Bandung Barat

Tari Merak dari SMK Mitra Dharma Cililin membuka acara dengan elegan, begitu pula seni angklung yang ditampilkan oleh SMK BSJ tidak sedikit mendapat apresiasi dari para hadirin yang berjumlah sekitar 700 orang.

Pengambilan sumpah dilakukan oleh perwakilan dari PAFI dengan disaksikan oleh Rohaniawan Kementerian Agama. Kehadiran Perwakilan Dinas Kesehatan serta Perwakilan Dinas Pendidikan menjadi pelengkap kegiatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah yang berjumlah 247 peserta itu, sehingga kegiatan berlangsung dengan khidmat dan semarak.

Acara Pelantikan dan Angkat Sumpah ditutup dengan penampilan tari Jaipong dari SMK Bandung Barat dan tari Suraningpati dari SMK BHS, kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama tiap-tiap sekolah.

Kegiatan selanjutnya dilaksanakan di rumah makan Ampera, Jl. Soekarno Hatta No.  394, Bandung sebagai acara Pelepasan Lulusan SMK BHS Angkatan X. Acara pelepasan berlangsung semarak penuh kegembiraan tetapi juga tidak sedikit yang mengundang haru dan tangis pada prosesi pemberian bunga kepada Orangtua.

Kegiatan pelepasan ditutup dengan hiburan live music dan pembagian doorprize. Semua lulusan, Orangtua dan Tenaga Kependidikan berbaur dan berdendang bersama dalam alunan musik dangdut.

Oleh: Anjar Darajat, S.Pd. | Wakasek Hubinmas
Posted in Artikel and tagged Asisten Tenaga Kesehatan, Pelantikan, Pelepasan Angkatan X, Pengambilan Sumpah.

Sendy Yulfizar Kuswara, S.E., Ak., CA., MTCNA.

Manajer Keuangan Perguruan Bina Harapan Sumedang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *